ngin mengikuti trend ber-facebook tetapi sering facebook terasa lambat.

Sebabnya banyak: (1) facebook menggunakan platform web (yang biasa dibuka dengan Mozilla Firefox) dan mobile (handphone). Komunikasi ini sering memperlambat komunikasi karena halaman harus diterjemahkan dari komputer, ponsel, vice versa. (2) facebook banyak pemakainya. saya membatasi teman, memang. begitulah pesan orang tua, “never talk to stranger”, sementara, pada sisi lain, “if you want a friend, you must be a friend”. teman boleh-boleh saja sangat banyak, tetapi pertimbangkanlah fakta berikut: jumlah teman mempengaruhi ‘loading” halaman untuk menampilkan “ads” (iklan), news feed yang mengutip nick anda ketika memberitahukan aktivitas yang dianggap berhubungan dengan anda. facebook juga menerapkan face detector (pendeteksi wajah) yang dapat menilai foto “siapa” yang sedang dimuat. belum lagi “application” seperti quiz, gift, dan button yang pasti membutuhkan beberapa detik (kalau koneksinya normal). belum lagi tag yang anda definisikan sendiri dan harus diterjemahkan facebook setiap kali anda berpindah komputer (masih suka memakai layanan warnet, kan?) (3) koneksi facebook dengan system “score” yang dapat diterapkan oleh twitter, del.icio.us, diggerati, dll. yang dapat menandai segala item di facebook agar dapat ditemukan oleh “siapapun” yang ingin mencarinya di internet. anda juga bisa menghubungkan dengan posting blog anda ke face book (bukan sebaliknya), mungkin ke dalam note. contohnya di facebook saya. mungkin masih banyak lagi.
——————————————————————————
question: “bagaimana agar akses facebook lebih cepat?”
——————————————————————————
(1) download mozilla firefox v3.5 portable di
http://downloads.sourceforge.net/portableapps/FirefoxPortableTest_3.5_RC_3_English.paf.exe?download
(sebenarnya optional, tetapi pasti anda tidak suka diblokir atau setting lagi dan lagi setiap memakai komputer di warnet0
(2) tools > add-ons > get add-ons > browse all add-ons
download add-ons firefox bernama Stylish v1.0.2 kemudian install dan restart firefox
(3) buka http://www.userstyles.org
site styles > facebook.com
pilih: facebook sponsor remover > load into stylish > back (tekan alt+backspace)
kemudian, ulangi untuk script bernama:
– new facebook — top bar remover
– facebook — remove ads and unnecessary items
– new facebook — adkiller
begitulah sekadar contoh. anda bisa mengembangkan untuk script yang lain.

Silakan pasang script lain. kalau tidak cocok, tinggal klik kanan icon stylish (huruf “S” di atas jam komputer) yang penting performance keren, speed enteng. Situs userstyles.org juga menyediakan pilihan untuk mengatur situs-situs terkenal seperti google dan deviantart. coba dan rasakan bedanya. Situs ini hanyalah satu contoh, masih banyak metode injeksi script lain yang bisa diterapkan untuk mempercepat proses browsing dan download.
Dengan cara yang sama, Anda dapat customize website yang populer, seperti Blogger, Google, DeviantArt, dan ehm… YouTube.
Kalau Anda pakai ponsel, jangan buka facebook di http://www.facebook.com, melainkan: http://m.facebook.com (mobile version. Asyiknya, alamat yang disebut belakangan, bisa dibuka juga di komputer. Kalau Anda memberikan comment atau update status akan ditampilkan dari ponsel. Padahal Anda comment dari komputer. He he he…
Selamat menjajal! having fun and enjoy… Thanks!

Advertisements